≡ Menu

Satu-satunya Al-quran yang Terbuat dari Tanaman Ubat

Al-quran

Satu-satunya Al-quran buatan tangan di dunia yang terbuat dari tanaman ubat atau herbal telah dipamerkan di Dubai oleh Heddem Arts, kolektor seni Islam dan seni khat jarang.

Al-quran unik itu dibuat dari 200 jenis herbal yang memiliki khasiat tinggi.

Dibuat oleh ahli pengubatan unani (sistem pengobatan Arab tradisional) asal Turki, doktor Hamdi Taher (1897-2003) selama 23 tahun (1957-1979). Alquran ini terbuat dari campuran tanaman ubat yang memiliki khasiat tinggi dalam sistem pengubatan.

Setiap bahagian dari Al-quran ini, mulai dari huruf, judul surat, Hiasannya adalah halaman hingga lembaran kertas yang digunakan berasal dari sari tanaman ubat.

Heddem Arts mengklaim, Al-quran Herbal ini telah mendapat sijil keaslian dari Kementerian Agama Dubai.

Dikatakan setiap lembaran ayat Al-quran ini memiliki banyak sifat terapi. Contohnya, ketika pembaca Al-quran ini menggerakkan jari pada surat atau dalam dan di sekitar halaman, campuran herbal yang dikandungnya akan merembes melalui liang-liang di jari, memberikan manfaat kesihatan.

Al-quran Herbal ini terdiri dari 606 halaman dan beratnya sekitar 7,5 kilogram. Campuran herbal yang digunakan untuk membuat Al-quran ditambahkan secara langsung dari biji, buah-buahan, daun, batang, kulit dan akar.

Abdul Azeaz Bin Hassan Moulavi Malabari, penasihat agama Islam di Heddem Arts, mengatakan, “Kami merasa terhormat menerima tugas mulia ini dari mendiang Hakim Hamdi Taher yang mengabdikan hidupnya untuk menciptakan Al-quran Herbal unik ini.”

Disebutkan Malabari, Al-quran Herbal itu dibuat dengan kesabaran selama bertahun-tahun. Setiap kata dan reka bentuk di Al-quran ini dibuat tanpa menggunakan teknologi cetak, alat atau mesin.

“Kami menghubungi 1.714 muzium di 80 negara untuk memastikan bahawa tidak ada orang lain yang membuat Al-quran yang unik seperti ini,” kata dia.

“Ini adalah benar-benar salah satu dari jenis yang unik. Kami telah menerima penawaran dari beberapa pembeli tetapi kami akan melepasnya kepada pembeli yang benar-benar menghargai nilai-nilai Islam.”

Al-quran Herbal ini akan dipamerkan dari 7-11 Desember di Heddem Arts yang berlokasi di M1/1, Red Avenue Building, Garhoud (dekat stasiun GGICO Metro), Dubai.

 

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment